Jumat, 18 Februari 2011

Monolog Kicau Burung 6


Oh, Tuanku yang terhormat
Lepaskan aku! Bebaskan aku!
Aku sangat  ingin terbang, Tuan
Melayang-layang di udara
Bersembunyi di balik gumpalan awan tipis
Melesat menuju langit
Cakrawala biru yang tak kenal batas

Aku sangat ingin terbang, Tuan
Terbang mengarungi alam raya
Yang menyimpan makna-makna keilahian
Aku ingin kembali mengepakkan sayapku
Yang sudah kaku
Bermain-main dengan angin
Hingga desirannya terasa nikmat
Menyisir setiap helai buluku

Aku sangat ingin bebas, Tuan
Bebas bernyanyi riang bersama kawan-kawan
Bernyanyi bersama terbitnya matahari
Bernyanyi bersama mekarnya bunga mawar
Bernyanyi bersama basah embun di pagi hari
Pada hijau dedaunan
Bernyanyi bersahut-sahutan
Dengan suara binatang lain
Di antara hutan belantara dan rawa-rawa

Aku juga sangat birahi, Tuan
Memiliki sahwat untuk bergumul
Berkasih-kasihan di atas dahan
Terbang berdua-duaan
Lalu beranak pinak
Demi kelangsungan dan keberadaan bangsaku

Tuanku yang terhormat,
Jangan lantaran aku bersuara merdu
Lantas Tuan seenaknya memperlakukan aku
Aku juga bisa marah, Tuan
Dan punya hati untuk menangis
Cuna Tuan tidak tahu
Apapun isi hati yang kuutarakan
Bagi Tuan hanyalah merdu belaka

Tidak ada komentar:

Carilah Yang Kau Butuhkan