Sabtu, 10 Maret 2012

Contoh Soal Ide Pokok dalam Ujian Nasional


 
Gunakan handphone sebagaimana mestinya. Jangan dimanfaatkan untuk kecurangan pada saat pelaksanaan Ujian Nasional he.. he.. he..!



Ide pokok merupakan hal pokok yang diungkapkan dalam paragraf. Ide pokok juga merupakan inti keseluruhan isi paragraf. Ide pokok terdapat pada kalimat topik yang didukung oleh kalimat-kalimat penjelas.  
Contoh soal :
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa teh mempunyai banyak manfaat. Mengonsumsi teh secara teratur dapat mencegah kanker meskipun tidak terlalu besar. Teh juga menguatkan tulang dan mencegah pertumbuhan plak di permukaan gigi sehingga mencegah gigi berlubang. Tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti air putih, teh juga melawan penyakit jantung.
Hasil penelitian yang dimuat dalam 'European Journal of Clincal Nutrition' menolak anggapan bahwa teh menyebabkan dehidrasi. "Minuman teh terbukti lebih baik bagi Anda daripada sekedar minum air putih," ujar Ruxton. Menurutnya air putih hanya menggantikan cairan yang terbuang. Teh tidak hanya menggantikan cairan, tetapi juga mengandung mengandung antioksidan serta fluoride.

Ide pokok paragraf pertama yang tepat adalah ...
A. beberapa hasil penelitian
B. teh mencegah kanker
C. teh menguatkan tulang
D. teh mencegah plak gigi
E. manfaat mengonsumsi
Jawabannya yang benar adalah E Ide pokok berada di awal paragraf, yakni tentang manfaat mengonsusi teh. Sedangkan pilihan A, B, C, D adalah penjelas dari  E.
Dokumen Balitbang Depdiknas 2006

Tidak ada komentar:

Carilah Yang Kau Butuhkan