Rabu, 07 Maret 2012

Contoh Sudut Pandang dalam Ujian Nasional



      Dari 50 soal naskah Ujian Nasional, soal mengenai sudut pandang hanya 1 jumlahnya. Meskipun demikian, soal ini termasuk soal sulit. Bukan saja pilihan jawabannya hampir sama, tetapi juga siswa dituntut untuk memandang dari arah mana pengarang menentukan tokoh dalam peristiwa sebuah cerita. Contoh soal yang dikeluarkan biasa tentang;  orang pertama sebagai pelaku utama, atau orang ketiga serba tahu. Tapi untuk belajar membedakan, berikut ini diberikan 4 contoh berbeda;
     

1.     Kejadian begitu cepat. Aku pulang pukul 12 siang. Segera kuparkir motor bututku di halaman sekolah. Lalu, aku segera berlari ke tempat fotokopi. Wow, betapa terkejutnya diriku tatkala kulihat ada seorang gadis di situ. Mungkin dia karyawan baaru di tempat fotokopi ini. Rambutnya yang terurai panjang serasa memesona semua orang yang melihatnya.

Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam penggalan cerpen tersebut adalah ...
a.  orang pertama pelaku utama
b.  orang pertama sebagai pengamat
c.   orang pertama dan orang ketiga
d.   orang ketiga terarah
e.   orang ketiga serba tahu

Jawabannya adalah 'a';  
Tokoh ‘aku’ menceritakan dirinya dari mulai pulang pukul 12 siang sampai ia terkejut melihat gadis di tempat fotokopi. Meskipun pada kalimat-kalimat terakhir terdapat tentang tokoh gadis, tapi keterangan dari tokoh gadis tersebut merupakan pikiran-pikiran si ‘Aku’.  Jadi sudut pandang yang digunakan pengarang adalah orang pertama sebagai pelaku utama.


2.  Tak lama kemudian Wak Katok menyusul aku,  dan kami berangkat ke tempat persembunyian. Aku tak pernah menanyakan kepada Wak Katok apa yang terjadi dengan Surip. Aku tahu apa yang terjadi. Wak Katok kembali ke pondok dan membunuh Surip dan melempar Surip ke sumur. Ini aku ketahui kemudian setelah pemberontakan dikalahkan oleh Belanda. Tetapi aku tak pernah membicarakannya dengan Wak Katok. Sejak hari itu hingga saat ini. Barulah kini aku menceritakan hal ini.

Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan novel tersebut adalah ...
a.   orang pertama pelaku utama
b.   orang pertama sebagai pengamat
c.   orang pertama dan orang ketiga
d.   orang ketiga terarah
e.   orang ketiga serba tahu

Jawaban b:
Meskipun tokoh ‘aku’ berada di antara tokoh-tokoh yang lain, tetapi tokoh ‘aku’  tidak sedang menceritakan dirinya,  tokoh ‘aku’ sedang menceritakan perilaku tokoh-tokoh lain yang diamatinya dalam peristiwa sebuah cerita. 
Tokoh ‘aku’ dalam kutipan novel tersebut, tidak menceritakan dirinya, tetapi menceritakan apa yang   dilakukan Wak Katok terhadap Sarif, dan peristiwa itu diketahuinya karena tokoh ‘aku’ bersama Wak Katok pada saat kejadian.

3.   Pak Balam menutup matanya kembali, dan dia terbaring demikian letih telah berbicara begitu banyak. Mereka duduk mengelilinginya dengan pikiran masing-masing. Cerita Pak Balam menimbulkan kesan yang dahsyat sekali dalam hati mereka. Mereka ingin dapat selamat sampai ke kampung, meninggalkan hutan dengan harimau maut jauh-jauh di belakang. Akan tetapi, mengakui dosa-dosa di depan kawan semua.

Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam penggalan tersebut adalah ...
a.   orang ketiga terarah
b.   orang ketiga serba tahu
c.   orang ketiga sebagai sampingan
d.   orang ketiga di luar cerita
e.   orang ketiga sebagai pelaku utama

Jawaban b:
Sudut pandang dalam kutipan tersebut  disebut sebagai orang ketiga serba tahu, karena pengarang  hanya melaporkan semua tindak tanduk tokoh, yaitu Pak balam dan mereka.

4.   Waktu bangun pagi-pagi Nurdin badannya merasa kurang enak. Sehari itu ia tidak bekerja dan panasnya amat tinggi. Malamnya makin bertambah juga panasnya, dan ia pun sudah igau-igauan. Lain tidak yang disebutnya ialah Rukmini juga. Besoknya adalah demamnya agak turun sedikit, tetapi bukan main rindunya, hendak bertemu Rukmini. Dengan tidak malu lagi, disuruhnya jemput Rukmini juga dengan autonya.

Sudut pandang pengarang dalam kutipan tersebut adalah ...
a.   orang ketiga bukan tokoh
b.   orang ketiga serba tahu
c.   orang ketiga tokoh sampingan
d.  orang ketiga di luar cerita
e.  orang ketiga tokoh utama

Jawaban e:
Orang ketiga tokoh utama atau.  Sudut pandang pengarang terpusat pada Nurdin. Meskipun Nurdin menyebut-nyebut Rukmini, semua ada dalam pikiran dan perasaannya.



1 komentar:

Renaldy Ramadani mengatakan...

Bagus gan,, mantabs visit back renaldyways.blogspot.com

Carilah Yang Kau Butuhkan